Berbagi Pengalaman tentang Pelajaran Biologi

Organisasi Tingkat Sel Dalam Biologi " Struktur Sel "

.Pertama kita kenal lagi apa yang namanya sel itu ya teman,,,Kebanyakan makhluk hidup tersusun atas sel tunggal, atau disebut organisme uniseluler, misalnya bakteri dan amoeba. Makhluk hidup lainnya, termasuk tumbuhan, hewan, dan manusia, merupakan organisme multiseluler yang terdiri dari banyak tipe sel terspesialisasi dengan fungsinya masing-masing.

Sel adalah bagian terkecil dari tubuh makhluk hidup baik secara struktural maupun fungsional. Dalam tubuh makhluk hidup sel tidak berkerja sendiri tapi secara berkelompok. Sekelompok sel yang mempunyai fungsi yang sama membentuk jaringan, sekumpulan jaringan akan membentuk organ, sekelompok organ akan membentuk sistem organ dan sekumpulan sistem organ akan membentuk organisme. Dari situlah definisi sel sebagai unit terkecil dari makhluk hidup diperoleh.

Setelah kita bahas mengenai pengertian sel, mari kita simak bagian - bagian dari sel ya kawan,,Organisme yang beraneka ragam pada dasarnya memiliki struktur sel yang hampir sama. Secara umum, sel tersusun atas membran dan protoplasma. Protoplasma terdiri atas cairan sel (sitoplasma) dan organel-organep sel. Organel merupakan bagian sel yang mempunyal fungsi khusus.
Organisasi Tingkat Sel Dalam Biologi " Struktur Sel "

Organel yang terdapat di dalam sel adalah sebagai berikut:

  • Membran sel ( membran plasma )
Membran sel tersusun atas fosfor, lemak (lipid), karbohidrat, dan protein. Membran sel yaitu bagian sel yang memisahkan sel dan lingkungan sekitarnya. Tebal membran plasma 6-10 nm, terdiri dari molekul-molekul protein, phospholipid, sedikit kolesterol, air, karbohidrat, dan ion-ion lain. Phospholipid membentuk lipid bilayer dengan bagian polarnya menghadap molekul air yang berada pada cairan ekstrasel dan cairan intraseluler, berfungsi untuk melindungi dan mengatur lalu lintas zat yang keluar masuk sel. Membran sel bersifat semipermeabel yang artinya, membran sel hanya dapat dilewati oleh zat tertentu. Zat yang dapat melewati membran sel misalnya, air, oksign, serta zat yang larut dalam lemak dan ion tertentu. Contoh zat yang tidak bisa melewati membran sel adalah gula (glukosa) dan protein.
  • Sito Plasma
Sitoplasma merupakan cairan sel. Sitoplasma mengandung berbagai macam zat, diantaranya protein, lemak, karohidrat, zat-zat anorganik, enzim, vitamin, dan hormon. Sitoplasma berfungsi sebagai tempat berlangsungnya reaksi metabolisme sel karena organel sel ( mitokondria, ribosom, lisosom, badan golgi, vakuola, peroksisom, plastida, dan sentriol )terdapat di sitoplasma.
  • Inti sel ( nukleus )
Nukleus tersusun atas membran, cairan inti (nukleoplasma), kromosom, dan anak inti (nukleolus). Cairan inti tersusun atas air, protein, dan mineral. Kromosom merupakan pembawa sifat menurun yang tersusun atas benang-benang kromatin. Nukleus berfungsi untuk mengatur seluruh kegiatan sel. Nukleolus berperan dalam pembuatan komponen ribosom.
  • Mitokondria
Mitokondria adalah organel bermembran yang berfungsi sebagai tempat penghasil energi, karena mitokondria berperan penting dalam proses respirasi sel. Semakin aktif suatu sel maka semakin banyak mitokondrianya. Selain itu mitokondria juga memiliki fungsi p0enting lainnya seperti metabolisme asam lemak, biosintesis pirimidina, homeostasis kalsium, transduksi sinyal seluler dan penghasil energi. Oleh karena itu, mitokondria memiliki sistem genetik sendiri yang berbeda dengan sistem genetik inti. Selain itu, ribosom dan rRNA mitokondria lebih mirip dengan yang dimiliki bakteri dibandingkan dengan yang dikode oleh inti sel eukariota.
  • Ribosom
Ribosom berbentuk butiran-butiran. Ribosom ada yang menempel pada membran retikulum endoplasma dan ada pula yang bebas di sitoplasma. Ribosom berfungsi dalam pembuatan (sintesis) protein.
  • Retikulum Endoplasma ( RE )
Retikulum endoplasma merupakan saluran berliku yang membentang dari inti sel menuju ke sitoplasma. Ada dua tipe Retikulum endoplasma, Yaitu Retikulum endoplasma kasar dan halus. Pada Membran retikulum endoplasma kasar, terdapat ribosom. Retikulum endoplasma halus tidak ditempeli ribosom. Retikulum endplasma berfungsi untuk membuat dan menyalurkan bahan-bahan yang di butuhkan oleh oragnel-organel sel.
  • Badan golgi
Badan golgi berbentuk seperti kumpulan kantong yang bertumpuk-tumpuk. Badan golgi berperan untuk memodifikasi bahan-bahan yang dihasilkan oleh retikulum endoplasma dan menyalurkannya ke organel-organel yang membutuhkan.
  • Lisosom
Lisosom merupakan organel berbentuk kantong yang berisi enzim pencernaan. Lisosom berfungsi untuk mencerna zat sisa, makanan, atau zat asing. Jika lisosom pecah, enzim di dalamnya akan mencerna atau menghancurkan organel sel dan akibatnya sel akan mati. Lisosom hanya terdapat pada sel hewan dan tidak terdapat pada sel tumbuhan.
  • sentriol
Sentriol berperan dalam pembelahan sel, sentriol ini berfungsi mengatur arah gerak kromosom pada saat pembelahan terjadi. Sentriol hanya dimiliki sel hewan jadi tidak ada pada sel tumbuhan.
  • vakuola
Vakuola berarti ruangan sel. Vakuola ini merupakan sebuah ruang yang berisi cairan yang di batasi oleh selaput ( Tonoplas ). Pada tumbuhan yang sudah tua, vakuola berukuran besar dan berisi cadangan makanan. Sedangkan pada hewan vakuola berukuran kecil. Pada protozoa, terdapat dua jenis vakuola, yaitu vakuola makanan dan vakuola kontraktil. Vakuola makanan berfungsi untuk mencerna makanan sedangkan vakuola kontraktil berfungsi untuk mengeluarkan zat sisa dan mengatur keseimbangan air dalam sel.
  • Peroksisom
Mengandung enzim katalase yang merombak hidrogen peroksida menjadi air dan oksigen. Berfungsi mengubah lemak menjadi karbohidrat
  • Plastida
Organel ini paling dikenal dalam bentuknya yang paling umum, kloroplas, sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis. organ plastida merupakan organ yang hanya dimiliki tumbuhan saja dan merupakan organel dengan membran ganda, sehingga ada membran luar dan membran dalam. Plastisida mengandung pigmen tertentu, yaitu kloroplas dan kromoplas. Kloropas merupakan plastisida yang berwarna hijau karena memiliki klorofil dan berperan dalam proses fotosintesis. Kromoplas berwarna kuning karena memiliki pigmen xantofil. Leukopas berfungsi sebagai tempat cadangan makanan.
  • Dinding sel
Organisasi Tingkat Sel Dalam Biologi " Struktur Sel "
Membran sel tumbuhan dilindungi oleh dinding sel. Selain melindungi sel, dinding sel juga menjaga bentuk sel tumbuhan tidak berubah dan tetap kaku. Terdapat pada sel tumbuhan dan jamur. Berfungsi untuk mempertahankan bentuk, memberi kekuatan, dan berperan dalam turgiditas sel.
Tag : BIOLOGI XIA
0 Komentar untuk "Organisasi Tingkat Sel Dalam Biologi " Struktur Sel ""

Back To Top