Berbagi Pengalaman tentang Pelajaran Biologi

Ciri - Ciri Bakteri dan Perbedaan dengan Makhluk Hidup lain

Bakteri termasuk dalam kelompok prokariota sederhana, sebenarnya mereka adalah salah satu bentuk kehidupan sederhana di Bumi. Seperti semua prokariota, sel bakteri tidak memiliki membran yang memisahkan bagian interior mereka. Sebaliknya, mereka memiliki fitur utama yang disebut nukleoid yang berisi materi genetik bakteri, atau asam deoksiribonukleat (DNA).


Ciri - Ciri Bakteri dan Perbedaan dengan Makhluk Hidup lain

Bakteri datang dalam berbagai bentuk, umumnya bola, batang, atau spiral. Banyak juga memiliki “ekor” yang disebut flagela yang membantu mereka bergerak di sekitar. Bakteri berukuran kecil, hanya beberapa mikrometer (sepersejuta meter).
Mereka mungkin kecil, tetapi bakteri adalah makhluk yang keras. Beberapa bahkan bisa “makan” logam. Mereka mereproduksi dengan cepat, juga, seperti yang terkenal e-coli (Escherichia coli). Bakteri ini tumbuh dua kali lipat setiap 20 menit. Bakteri lain dapat melipatgandakan hanya dalam waktu 10 menit. Bahkan bakteri yang tumbuh paling lambat untuk menjadi dua kali lipat membutuhkan waktu sehari.

Bakteri telah ada sekitar kita umtuk waktu yang lama, bisa mendapatkan nutrisi dari hampir apa saja, dan bereproduksi lebih cepat dari jadwal makan Anda setiap hari. Tidak heran mereka di mana-mana, dan dalam jumlah besar, juga. Satu sendok teh tanah mungkin berisi miliar sel bakteri! Air dapat mengandung jutaan per tetes.


Terlebih lagi, hampir tidak ada kondisi yang bakteri tidak bisa menangani. Bakteri yang disebut extremophiles berkembang di lingkungan yang ekstrim di mana tidak ada organisme lain bisa bertahan. Terik, gunung berapi berasap di lantai laut dalam? Tidak masalah. Dingin, air super asin di bawah 60 kaki dari es Antartika? Masih enjoy aja!

Beberapa bakteri, disebut patogen, menyebabkan penyakit. Jika Anda pernah mengalami infeksi atau jatuh sakit karena makanan tercemar, bakteri patogen mungkin menjadi pelakunya. Bakteri menyebabkan penyakit dengan melepaskan racun dari sel mereka, atau dengan menyebabkan tubuh untuk menghasilkan racun.

Satu kelompok bakteri yang disebut Escherichia coli (E.coli) dapat memicu penyakit parah ketika masuk ke makanan atau air. Bakteri lain, mycobacterium tuberculosis, penyebab penyakit paru-paru yang sangat menular disebut TBC.

Dokter menggunakan antibiotik untuk melawan bakteri. Antibiotik menyelamatkan hidup manusia secara fantastis. Tanpa mereka, jutaan orang akan mati. Tindakan pencegahan lain seperti penanganan makanan antibakteri dan tangan bersih juga menjaga bakteri berbahaya tidak menjadi sumber yang memuakkan.
Tapi sebelum Anda buru-buru untuk mencelupkan tangan pada pembersih, ingat bahwa sebagian besar bakteri tidak berbahaya, atau bahkan menguntungkan. Bahkan, antibiotik bisa membahayakan dengan menghilangkan bakteri baik bersama dengan bakteri buruk. Dan ada banyak, banyak dan banyak bakteri baik.

Mulailah dengan tanaman dan tanah. Bakteri yang hidup pada tanaman mengubah nitrogen menjadi bentuk yang tanaman dapat gunakan untuk tumbuh. Beberapa bakteri sebenarnya membantu tanaman melawan infeksi. Dan itu bakteri yang memberikan kekayaan tanah yang sehat yang baik dan bersahaja.

Bakteri juga merupakan pendaur ulang yang baik. Bayangkan sebuah dunia di mana tanaman dan hewan yang mati hanya menumpuk. Kotor! Untungnya, bakteri bergerak cepat. Mereka memecah organisme mati.
Sebagian besar bakteri pada hewan juga bermanfaat. Di dalam tubuh Anda, bakteri membantu mencerna makanan. Beberapa, misalnya seperti Bacteroides thetaiotaomicron, membantu memecah materi tanaman.
Yang lainnya, Helicobacter pylori, membuat perut Anda menjadi terlalu asam. Bakteri ini juga sama membantu mengatur rasa lapar. Studi menunjukkan bahwa orang yang kekurangan Helicobacter pylori dapat menjadi lebih gemuk dibandingkan mereka yang memilikinya.

Bakteri memiliki ciri-ciri yang membedakannnya dengan mahluk hidup lain yaitu :

1. Organisme multiselluler
2. Prokariot (tidak memiliki membran inti sel )
3. Umumnya tidak memiliki klorofil
4. Memiliki ukuran tubuh yang bervariasi antara 0,12 s/d ratusan mikron umumnya memiliki ukuran rata-rata 1 s/d 5 mikron.
Epulopiscium fishelsoni berukuran diameter 80 μm dan panjang 200-500 μm (0,2-0,5 mm) yang hidup pada ikan.  Bakte ini ditemukan hidup di usus ikan sekitar Pulau Lizard, Queensland, Australia. Thiomargarita namibiensis berukuran diameter 100-750 μm (0,1-0,75 mm). Bakteri ini ditemukan di sebuah pantai di Namibia, Afrika.

5. Memiliki bentuk tubuh yang beraneka ragam
6. Hidup bebas atau parasit
7. Hidup secara sendiri-sendiri (soliter) atau berkelompok (koloni)
8. Hidup di lingkungan ekstrim seperti pada mata air panas,kawah atau gambut dan hidup di sekitar kita, mulai dari daerah tropis hingga kutub, dataran rendah hingga pegunungan dan juga pada tubuh kita
dinding selnya tidak mengandung peptidoglikan
9. Termasuk jenis organisme yang jumlahnya melimpah
10. Hidupnya kosmopolit diberbagai lingkungan dinding selnya mengandung peptidoglikan
Tag : BIOLOGI 1A
0 Komentar untuk "Ciri - Ciri Bakteri dan Perbedaan dengan Makhluk Hidup lain"

Back To Top