Berbagi Pengalaman tentang Pelajaran Biologi

Lumut Kerak ( jamur + alga )

Sekarang kita memasuki bagian terakhir dari pelajaran biologi kelas 10 semester 1. Kali ini kita akan membahas tentang Lumut Kerak, Lumut Kerak bukan merupakan spesies dari lumut melainkan adalah dua jenis organisme yaitu jamur dan alga yang hidup bersimbiosis mutualisme. Keduanya sangat menguntungkan satu sama yang lain dan menyatu sangat erat membentuk talus sehingga seakan-akan menyatu menjadi satu organisme.

Lumut Kerak ( jamur + alga )

Ciri-ciri Lumut Kerak

  • Tulus lumut kerak hidup menempel pada batang pohon
  • tulus berbentuk lembaran tipis
  • tulus tersusun atas miselium disebelah luar dan hifa yang tidak kompak di sebelah dalam.
  • diantara hifa-hifa tersebut ada sel-sel
  • reproduksi seksual di lakukan sendiri oleh jamur maupun alga
  • reproduksi aseksual dengan fragmentasi dan pembentukan soreda ( struktur Khusus )

Tipe-Tipe Lumut Kerak

  • Crustose

Lumut Kerak yang memiliki thallus yang berukuran kecil, datar, tipis dan selalu melekat ke permukaan batu, kulit pohon atau di tanah. Jenis ini susah untuk mencabutnya tanpa merusak substratnya.
Contoh :  Graphis scipta, Haematomma puniceum, Acarospora atau Pleopsidium
Lumut Kerak Crustose yang tumbuh terbenam di dalam batu hanya bagian tubuh buahnya yang berada di permukaan disebut endolitik, dan yang tumbuh terbenam pada jaringan tumbuhan disebut endoploidik atau endoploidal. lumut kerak yang longgar dan bertepung yang tidak memiliki struktur berlapis, disebut leprose.

  • Foliose

lumut kerak foliose memiliki struktur seperti daun yang tersusun oleh lobus-lobus. Lichen ini relatif lebih longgar melekat pada substratnya. Thallusnya datar, lebar, banyak lekukan seperti daun yang mengkerut berputar. Bagian permukaan atas dan bawah berbeda. Lichenes ini melekat pada batu, ranting dengan rhizines. Rhizines ini juga berfungsi
sebagai alat untuk mengabsorbsi makanan. Contoh : Xantoria, Physcia, Peltigera, Parmelia  dll.

  • Fruticose

Thallusnya berupa semak dan memiliki banyak cabang dengan bentuk seperti pita. Thallus tumbuh tegak atau menggantung pada batu, daun-daunan atau cabang pohon. Tidak terdapat perbedaan antara permukaan atas dan bawah.
Contoh : Usnea, Ramalina dan Cladonia

  • Squamulose

Lichen ini memiliki lobus-lobus seperti sisik, lobus ini disebut squamulus yang biasanya berukuran kecil dan saling bertindih dan sering memiliki struktur tubuh buah yang disebut podetia.

Manfaat dari lumut kerak

Lumut kerak memiliki bermacam-macam kegunaan dan bahaya, antara lain : 

  • Lumut Kerak sebagai bahan makanan
Thallus dari llumut kerak belum digunakan sebagai sumber makanan secara luas, karena lumut kerak memiliki suatu asam yang rasanya pahit dan dapat menimbulkan gatal-gatal, khususnya asam fumarprotocetraric. Asam ini harus dibuang terlebh dahulu dengan merebusnya dalam soda.Tanaman ini mempunyai nilai, walaupun tidak sama dengan makanan dari biji-bijian. Pada saat makanan sulit didapat, orang-orang menggunakan Lumut Kerak sebagai sumber karbohidrat dengan mencampurnya dengan tepung. Di Jepang disebut Iwatake, dimana Umbilicaria dari jenis foliose Lumut Kerak digoreng atau dimakan mentah. Lumut Kerak juga dimakan oleh hewan rendah maupun tingkat tinggi seperti siput, serangga, rusa dan lain-lain. Rusa karibu menjadikan sejumlah jenis Lumut Kerak sebagai sumber makanan pada musim dingin, yang paling banyak dimakan adalah Cladina stellaris. Kambing gunung di Tenggara Alaska memakan Lumut Kerak dari jenis Lobaria linita.

  • Lumut Kerak sebagai obat-obatan
Pada abad pertengahan Lumut Kerak banyak digunakan oleh ahli pengobatan. Lobaria pulmonaria digunakan untuk menyembuhkan penyakit paru-paru karena Lobaria dapat membentuk lapisan tipis pada paru-paru. Selain itu Lumut Kerak juga digunakan sebagai ekspektoran dan obat liver. Sampai sekarang penggunaan Lumut Kerak sebagai obat-obatan masih ada.
Dahulu di Timur Jauh, Usnea filipendula yang dihaluskan digunakan sebagai obat luka dan terbukti bersifat antibakteri. Senyawa asam usnat (yang terdapat dalam ekstrak spesis Usnea) saat ini telah digunakan pada salep antibiotik, deodoran dan herbal tincture. Spesies Usnea juga digunakan dalam pengobatan Cina, pengobatan homeopathic, obat tradisional di kepulauan Pasifik, Selandia Baru dan lain benua selain Australia.
Banyak jenis Lumut Kerak telah digunakan sebagai obat-obatan, diperkirakan sekitar 50% dari semua spesies Lumut Kerak memiliki sifat antibiotik. Penelitian bahan obat-obatan dari Lumut Kerak terus berkembang terutama di Jepang.

  • Lumut Kerak sebagai antibiotik
Substrat dari Lumut Kerak yaitu pigmen kuning asam usnat digunakan sebagai antibiotik yang ampu menghalangi pertumbuhan mycobacterium. Cara ini telah digunakan secara komersil. Salah satu sumber dari asam usnat ini adalah Cladonia dan antibiotik ini terbukti ampuh dari penisilin.  Selain asam usnat terdapat juga zat lain seperti sodium usnat, yang terbukti ampuh melawan kanker tomat. Virus tembakau dapat dibendung dan dicegah oleh ekstrak Lumut Kerak yaitu : lecanoric, psoromic dan asam usnat.

  • Lumut Kerak yang berbahaya
Pigmen kuning yang berasal dari jenis Usnea dan Everia dapat menyebabkan alergi pada kulit dan menyebabkan gatal-gatal. Abu soredia yang melekat pada kulit akan menimbulkan rasa gatal. Lichen serigala atau Letharia vulpina adalah lichen beracun. Dari namanya menggambarkan kegunaannya secara tradisional di bagian utara Eropah sebagai racun untuk serigala. Bangsa Achomawi menggunakannya (kadang-kadangdicampur dengan bisa ular) untuk membuat panah beracun. Walaupun demikian, suku Blackfoot dan Okanagan-Colville memakai Letharia sebagai teh obat. 

Manfaat lain dari lumut kerak

Dari hasil ekstraksi Everina, Parmelia, dan Ramalina diperoleh minyak. Beberapa diantaranya digunakan untuk sabun mandi dan parfum. Di Mesir digunakan sebagai bahan pembungkus mummi dan campuran buat pipa cangklong untuk merokok, khususnya Parmelia audina yang mengandung asam lecanoric.
Ekstrak Lumut Kerak dapat juga dibuat sebagai bahan pewarna untuk mencelup bahan tekstil. Bahan pewarna di ekstrak dengan cara merebus Lumut Kerak dalam air, dan sebagian jenis lain diekstrak dengan cara fermentasi Lumut Kerak dalam amonia. Parmelia sulcata digunakan untuk pewarna wol di Amerika Utara.
Evernia prunastri yang tumbuh di ranting pohon oak di Utara California. Spesies ini di diproduksi secara komersial di Eropa dan dikirim ke Prancis untuk industri parfum.
Tag : BIOLOGI 1A
0 Komentar untuk "Lumut Kerak ( jamur + alga )"

Back To Top