Berbagi Pengalaman tentang Pelajaran Biologi

Ciri-Ciri Makhluk Hidup beserta Penjelasanya

Secara umum, makhluk hidup memliki beberapa ciri-ciri kehidupan seperti bergerak, bernapas dan berkembang biak.

Makhluk hidup merupakan suatu organisme atau sistem yang cenderung merespon perubahan lingkungan, baik diluar maupun dalam diri mereka sendiri. Respon tersebut bertujuan untuk melanjutkan hidup mereka agar bisa berumur panjang. Makhluk hidup memiliki beberapa kemampuan yang unik disamping mereka bisa bernafas dan berkembang biak, seperti mampu berburu dan menavigasi dimana letak mangsa mereka berada.

Bagaimana? Sudah paham kan tentang pengertian makhluk hidup diatas? Jika sudah paham, barulah saatnya kamu mempelajari ciri-ciri makhluk hidup berikut ini.

Bernafas

Ciri-Ciri Makhluk Hidup beserta Penjelasanya



Tiap makhluk hidup pastinya melakukan sebuah proses terpenting dalam diri mereka, proses pernapasan misalnya. Benapas merupakan suatu proses pengambilan udara berupa oksigen (O2) dari luar tubuh mereka dan mengeluarkan karbon dioksida (CO2) dari dalam tubuh, begitu pula sebaliknya dengan tumbuhan. Oksigen pada tubuh makhluk hidup berperan penting dalam proses pembakaran makan pada tubuh. Sehingga pembakaran tersebut akan mengasilkan suatu energi yang sangat diperlukan oleh tubuh atau biasa disebut dengan oksidasi tubuh. Kemudian energi tersebut dapat dimanfaatkan dalam melakukan aktivitas kehidupan lainnya.

Bergerak

Ciri-ciri makhluk hidup yang lain adalah bergerak. Terlihat jelas bahwa manusia dan hewan senantiasa bergerak dalam kehidupan mereka sehari-hari. Untuk dapat bergerak, tentu saja manusia dan hewan dibantu oleh sekumpulan alat gerak pada tubuh. Sayap pada burung atau kaki, tangan pada manusia misalnya. Oleh karena itu, sudah sepatutnya jika kita bersyukur kepada Sang Maha Pencipta, Allah SWT. Sehingga kita dapat melakukan beragam aktivitas berkat sekumpulan alat gerak yang diciptakan oleh-Nya.

Membutuhkan nutrisi

Setiap makhluk hidup membutuhkan nutrisi atau makanan. Hal ini bertujuan agar dapat mempertahankan hidup, menghasilkan energi, dan pertumbuhan. Setiap makhluk hidup mempunyai cara yang berbeda-beda dalam memperoleh makanan. Tumbuhan dapat membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Hewan dan manusia tidak dapat membuat makanan sendiri, tetapi tergantung pada makhluk hidup lainnya.

Tansportasi sel 

Sistem transportasi  adalah proses pengangkutan suatu senyawa atau molekul dari asal ke suatu tujuan yang terjadi pada sel. Sistem transpor terdiri atas dua, yaitu transppor pasif dan transpor aktif. Transpor pasif merupakan suatu proses pengangkutan yang tidak membutuhkan energi dimana prosesnya terjadi secara spontan. Sedangkan transpor aktif merupakan proses pengangkutan molekul melawan gradien kosentrasi dengan bantuan energi dimana prosesnya terjadi tidak spontan.

Respirasi

Respirasi atau bernafas yaitu pengambilan oksigen untuk oksidasi makanan, sehingga memperoleh energi dan mengeluarkan karbondioksida sebagai zat sisa. Hewan vertebrata di darat bernafas dengan paru-paru, ikan bernafas dengan insang, cacing bernafas dengan kulit. Tumbuhan, pada daun bernafas melalui stomata, pada batang melalui lentisel dan di akar melalui bulu-bulu akar. Manusia bernafas dengan paru-paru.
 
Metabolisme

Dalam tubuh makhluk hidup terjadi reaksi-reaksi kimia yang disebut dengan metabolisme. Reaksi-reaksi tersebut dapat berupa penyusunan ataupun perombakan. Reaksi penyusunan contohnya seperti reaksi sel-sel dalam menyusun protein, lemak, atau  reaksi sel tumbuhan dalam pembentukan zat organik melalui fotosintesis. Adapun reaksi penguraian misalnya, penguraian gula menjadi gas dioksida, air dan energi.

Ekskresi

Ekskresi adalah proses pengeluaran sisa-sisa metabolisme tubuh. Dalam proses oksidasi makanan selain menghasilkan energi, tubuh organisme juga menghasilkan zat sisa yang harus dikeluarkan dari tubuh. Apabila zat sisa tersebut tidak dikeluarkan akan membahayakan tubuh. Contoh: Manusia mengeluarkan karbondioksida melalui paru–paru, ikan mengeluarkan karbondioksida melalui insang.

Pertumbuhan

Pertambahan sel-sel di dalam tubuh merupakan salah satu proses pertumbuhan. Ukuran tubuh akan bertambah tinggi besar dan tidak bisa mengecil kembali, kecuali jika sudah 50 tahun ke atas. Lantas, bagaimana dengan pertumbuhan hewan dan tumbuhan? Hewan dan tumbuhan juga mengalami pertumbuhan layaknya manusia biasa pada umumnya, seperti ukuran tubuh semakin meninggi atau bahkan membesar.

Berkembang biak

Perkembangbiakan berfungsi sebagai pelestarian makhluk hidup dengan jenisnya. Pada hewan, cara perkembangbiakannya dibagi menjadi 2 macam, yakni generatif (kawin) dan vegetatif (tak kawin). Umumnya hewan tingkat tinggi berkembang biak dengan cara kawin, berbeda halnya dengan hewan tingkat rendah yang berkembang biak dengan cara vegetatif (tak kawin).

Regulasi dan kepekaan terhadap rangsangan

Respons terhadap suatu rangsangan merupakan salah satu ciri makhluk hidup pada umumnya. Sehingga makhluk hidup tersebut akan memberi tanggapan terhadap rangsangan, atau biasa disebut dengan iritabilitas. Hampir semua hewan dikaruniai oleh sistem saraf dalam menanggapi adanya suatu rangsangan, namun tidak pada tumbuhan. Rangsangan disebabkan oleh beberapa faktor, tak terkecuali pada area luar tubuh. Seperti, mata akan mengedip jika terkena cahaya yang silau/debu-debu yang beterbangan

Adaptasi

Agar dapat bertahan hidup, makhluk hidup haruslah mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Salah satu tempat dimana terjadinya adaptasi adalah habitat. Habitat merupakan suatu tempat bagi makhluk hidup yang mana mereka dapat melakukan beragam aktifitas dalam area tersebut. Jika makhluk hidup itu kesulitan bahkan tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya, maka dapat dipastikan mereka akan mati atau terpaksa berpindah ke lingkungan yang baru.
Tag : BIOLOGI 1A
0 Komentar untuk "Ciri-Ciri Makhluk Hidup beserta Penjelasanya"

Back To Top