Berbagi Pengalaman tentang Pelajaran Biologi

Klasifikasi Dalam Biologi Modern

Klasifikasi makhluk hidup modern menganut sistem filogenik, yaitu pengklasifikasian dengan melihat hubungan kekerabatan. Hubungan kekerabatan pada makhluk hidup didasarkan kepada persamaan atau perbedaan ciri - ciri.

Seiring dengan perkembangan dalam ilmu biologi yang semakin bertambah maju, maka dalam metode klasifikasi makhluk hidup dipelajari tersendiri dalam cabang ilmu taksonomi. Untuk dasar dalam menggunakan klasifikasi makhluk hidup yang lebih modern yakni dengan mempelajari terlebih dahulu klasifikasi system filogenik

Makhluk hidup yang memiliki persamaan ciri - ciri di kelompokkan kedalam unit - unit. Unit - unit itu di sebut dengan takson. Takson sendiri tersusun dari tingkat yag paling tinggi hingga tingkat yang paling rendah. Makhluk hidup yang paling sedikit memiliki persamaan di kelompokkan dalam tingkat takson yang paling rendah, begitupun sebaliknya yang memiliki banyak persamaan maka akan menempati tingkat takson yang paling rendah.

Klasifikasi digunakan untuk mempelajari makhluk hidup berdasarkan persmaan ciri - ciri morfologi ( bentuk luar ), anatomi ( bentuk dalam ), fisiologi dan perilaku.

Klasifikasi Dalam Biologi Modern

Tahapan Dalam Klasifikasi

Bila kita ingin mencoba untuk melakukan klasifikasi terhadap suatu makhluk hidup dengan baik dan benar, maka kita perlu untuk melalui beberapa tahap yang diantaranya seperti :
  • Pencandraan
  • Pengelompokan
  • Dan pemberian nama

Pencandraan ( Identifikasi )

Apabila kita menemukan suatu makhluk hidup, apa yang akan kita lakukan !! sebagai proses awal, tentu kita akan mencandra atau mengindentifikasi terlebih dahulu. Proses ini sebaiknya dilakukan dengan cermat dan sangat teliti. Untuk identifikasi dimulai dari ciri-ciri yang mudah untuk diamati yaitu secara morfologi, anatomi, fisiologi, jika perlu hingga kepada ciri-ciri biokimiawi.

Pengelompokan

Setelah melakukan tahapan pencandraan atau identifikasi , hal tersebut tentunya anda sudah dapat mengetahui ciri-ciri makhluk hidup yang serupa dan yang tidak serupa. Untuk ciri-ciri makhluk hidup yang serupa akan dikelompokka dalam suatu takson yang kemudian diurutkan dari tingkat tinggi hingga pada tingkat rendah. Semakin rendah tingkatan taksonnya maka semakin sedikit pula anggotanya, tetapi persamaan ciri-ciri yang dimiliki anggotanya terbilang semakin banyak.

Pemberian Nama Takson

Dari hasil pengelompokan suatu makhluk hidup, alangkah baiknya jika pengelompokan tiap takson itu diberi nama. Pemberian nama ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam mengenal ciri-ciri suatu makhluk hidup yang berguna untuk membedakan dengan makhluk hidup yang lainnya.
Tag : BIOLOGI 1A
0 Komentar untuk "Klasifikasi Dalam Biologi Modern"

Back To Top